Rabu, 15 Oktober 2014

TUGAS TEORI ORGANISASI UMUM

Kasus 1 :  Perusahaan TRI-ENERGI

1.Apa ciri ciri birokasi yang telah terlibat pada situasi tersebut?
Adanya sentralisasi kekuasaan pada pemimpin yaitu kewenangan direktur utama joni bolang dalam mempertimbangkan pemberhentian lima ribu karyawan.

2.Apakah Joni bolang harus memberhentikan 5000 karyawan? Mengapa?Apa masalah masalh dan kebaikan kebaikan tindakan tersebut menurut perkiraan saudara bila dia melakukannya
Dalam kasus ini tidak perlu memberhentikan 5000 karyawan yang telah direkrut , jika semuanya diberhentikan maka proses kegiatan produksi akan tersendat karena otomatisasi mesin tidak akan berjalan tanpa ada manusia yang mengendalikan dan mengoperasikannya ,  sebaiknya direktur menganalisa  dan menyeleksi ulang secara mendetail dari 5000 karyawan tersebut mana yang benar benar berkompeten artinya dapat mengoperasikan mesin mesin dan teknologi dengan baik  dan yang karyawan yang belum cukup berkompeten sehingga laba yang diperoleh perusahaan akan meningkat kembali walaupun dengan jumlah tenaga kerja yang tidak terlalu banyak . setelah perusahaan mengalami peningkatan laba kembali, tentunya akan muncul masalah baru , diantaranya karyawan yang diputuskan hubungan kerjanya akan kehilangan pekerjaannya , melakukan unjuk rasa , tingkat pengangguran bertambah dll oleh karena itu sudah menjadi kewajiban perusahaan untuk  memberikan pesangon kepada mereka yang diputuskan hubungan kerjanya dan memberi uang penghargaan kepada mereka yang di phk karena bagaimanapun juga mereka telah berjasa dan berkontribusi dalam memajukan perusahana tersebut sehingga uang yang didapat itu(pesangon dan uang penghargaan) bisa dimanfaatkan sebagai modal usaha dan tingkat pengangguran dapat diminimalkan.

3.Bagaimana cara situasi ini dapat dihindarkan atau dicegah?
Situasi tersebut dapat dihindarkan atau dicegah dengan tidak melakukan pengrekrutan secara besar besaran . pengrekrutan hendaknya dilakukan secara berkala , pengrekrutan dilakukan ketika memang perusahaan benar benar kekurangan tenaga kerja, karna perushaan telah mengandalkan mesin dan teknologi canggih untuk menghasilkan produksi jadi perusahaan tidak perlu banyak membutuhkan tenaga manusia , dengan begitu  resiko krisis perusahaan kemungkinanya akan kecil karena menghemat biaya produksi dan  beban gaji karyawan  . Pemutusan hubungan kerja juga dapat terhindari karena memang orang orang yang bekerja diperusahaan tersebut adalah orang orang yang dipertahankan dan dibutuhkan , mereka yang dipertahankan adalah mereka yang lolos tes seleksi dan kualifikasi  , yang telah melakukan pelatihan dengan baik .

2 Kasus Budiono menerima tawaran pekerjaan baru

1.Apa prinsip prinsip manajemen yang akan dilanggar bila budiono menerima tugas atau pekerjaan baru tersebut?
Budiono melanggar prinsip manajemen “kesatuan perintah” (Unity of command) . Dalam prinsip kesatuan perintah karyawan harus tahu kepada siapa ia harus bertanggung jawab sesesuai dengan wewenang yang diperoleh,.  Suatu organisasi harus menerima perintah- perintah dan bertanggung jawab hanya kepada satu atasan . dalam hal ini budiono seharusnya hanya menjalankan perintah dan wewenang dari wijoyo , dia tidak boleh menerima perintah dari atasan lain yaitu tajudin karena akan merusak wewenang dan tanggung jawab itu.

2.Bila budiono menerima penugasan baru, apa macam macam masalah yang  kemungkina besar akan terjadi?
kemungkinan masalah yang akan terjadi adalah jika sampai atasanya mengetahui bahwa budiono menerima tawaran pekerjaaan yang baru tentunya akan mengundang konflik dan kesalahpahaman diantara mereka , atasannya mungkin akan merasa kecewa karna menerima tawaran pekerjaan tanpa sepengetahuan nya terlebih dahulu , budiono juga akan merasa kesulitan dalam pembagian waktu kerja sehingga kemungkinan dia tidak dapat bekerja secara  optimal dan hasil kinerja nya pun tidak akan memuaskan .

3.Apa rekomendasi rekomendasi yang akan saudara ajukan untuk memperbaiki sususana organisasi atau untuk mengurangi masalah masalah potensial perusahaan?
Dengan membuat kebijakan dan peraturan baru yaitu apabila seorang karyawan diketahui menerima tugas atau pekerjaan baru tanpa sepengetahuan atasanya dan   bukan wewenang dan tanggung jawab dari atasan yang memimpinya maka ia akan mendapat sanksi sesuai dengan yang telah ditetapkan perusahaan.Sanksi bisa berupa teguran  keras , mutasi atau penurunan jabatan.

Kasus 3 : Manajemen Ilmiah Berarti Eksploitasi dan Dehumanisasi Karyawan

1.Apakah pendapat professor lkh dapat dibenarkan?
·         Ya  memang benar walaupun terjadi peningkatan produktivitas tetapi kurang memperhatikan kesejahtraaan dan dari segi sosial para pekerja
·          
·         2.Apakah Elemen elemen manajemen ilmiah dan perkembangan histork aliran tersebut yang telah menyebabkan professor LKH mempunyai pandangan seperti itu? se
·         Memperkerjakan karyawan layaknya sebuah mesin

3.Anggap saudara tidak menyetujui pendapat professor LKH dan mempunyai kesempatan mendebaatnya. dalam hal hal apa saudara akan menyaggah pernyataanya?
Teori manajemen bukanlah mengeksploitasi para pekerja nya ,  teori ini  dibuat untuk menentukan cara terbaik dalam menyelesaikan suatu pekerjaan sehingga dapat membuat pekerja lebih produktif dan para pekerja dapat menghasilkan hal yang sesuai dengan yang diharapkan perusahaan .




Tidak ada komentar:

Posting Komentar