“Peran
Komunikasi dalam Organisasi “
Kehidupan
manusia didunia tidak dapat dilepaskan dari aktivitas komunikasi karena
komunikasi merupakan bagian yang penting dari sistem dan tatanan kehidupan
sosial manusia . Aktivitas komunikasi dapat terlihat pada tiap aspek kehidupan
sehari hari seperti mengobrol , mendengarkan musik , menonton televisi , didalam
organisasi kita bisa melihat aktivitas komunikasi seperti seorang atasan yang
memberi arahan/motivasi kepada bawahan , seorang manager yang mengadakan
meeting dengan rekan bisnisnya , dll .
1.Pengertian dan Arti Penting
Komunikasi
Komunikasi
berasal dari bahasa latin Communico yang artinya membagi (Chery dalam Stuart ,
1983). Organisasi berasal dari bahasa latin organizare yang artinya paduan dari
bagian bagian yang satu sama lainnya saling bergantung . Organisasi menurut
istilah adalah suatu tempat/wadah yang terdiri dari sekompok manusia untuk
mencapai tujuan bersama.
Definisi
komunikasi menurut beberapa ahli yaitu :
Everett M.Roges seorang pakar
sosiologi Pedesaan Amerika menyatakan bahwa “Komunikasi adalah proses
dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada satu penerima atau lebih, dengan
maksud untuk mengubah tingkah laku mereka “.
Komunikasi
adalah seni menyampaikan informasi , ide, dan sikap seseorang kepada orang lain
(Edwin Emery).
Komunikasi
adalah suatu proses interaksi yang mempunyai arti antara sesama manuia (Delton E, Mc farland).
Komuunikasi
Organisasi adalah proses menciptakan dan saling menukar pesan dalam satu
jaringan hubungan yang saling tergantung sama lain untuk mengatasi lingkungan
yang tidak pasti atau selalu berubah ubah.(Goldhaber,1986)
Jadi
dapat disimpulkan Komunikasi adalah proses penyampaian pesan/informasi antara
kedua belah pihak baik secara lisan maupun non lisan(gerakan badan dan ekspresi
wajah) yang mempunyai hubungan timbal balik antar keduanya. sedangkan
komunikasi organisasi adalah proses penyampaian pesan / informasi antara kedua
belah pihak didalam lingkungan organisasi untuk mencapai suatu tujuan
organisasi.
Arti
Penting komunikasi
Manusia
adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri , karna itu manusia
membutuhkan komunikasi untuk berinteraksi dengan sesama dan bersosialisasi dengan
lingkungannya , Menurut Dr.Everett
Klainjenan dari East West Center Hawaii , komunikasi sudah merupakan bagian
kekal dari kehidupan manusia seperti halnya bernafas , sepanjang manusia ingin
hidup maka ia perlu berkomunikasi .
Seberapa
penting komunikasi dalam kehidupan manusia?
Hal tersebut dapat dilihat dari hasil
penelitian yang menyatakan bahwa ppersentase waktu yang digunakan dalam proses
komunikasi adalah sangat besar ,berkisar antara 75% sampai 90% dari jumlah
waktu kegiatan. waktu yang digunakan dalam proses komunikaasi tersebut 5% untuk
menulis , 10% untuk membaca , 35%untuk berbicara , 50% untuk mendengar(Jiwanta
, 1982).
Ini
membuktikan bahwa betapa pentingnya komunikasi dalam tatanan kehidupan sosial
manusia , dengan kata lain komunikasi telah menjadi jantung dari kehidupan yang
tidak dapat dipisahkan dan pada priinsip nya tidak ada seorang pun yang dapat
melepaskan dirinya dari aktivitas komunikasi, didalam organisasi sendiri komunikasi
merupakan hal yang mengikat kesatuan organisasi , komunikasi membantu
anggota-anggota organisasi mencapai tujuan individu dan organisasi , merespon ,
mengimplementasikan perubahan organisasi , mengkordinasikan aktivitas
organisasi dan ikut memainkan peran dalam hampir semua tindakan organisasi.
2.Jenis dan proses Komunikasi
2.1
Komunikasi dengan dirinya sendiri (intrapersonal communication)
Komunikasi
dengan diri sendiri adalah proses komunikasi yang terjadi di dalam diri
individu , atau dengan kata lain proses berkomunikasi dengan dirinya sendiri .
contohnya
: Dalam proses pengambilan keputusan ,seringkali seseorang dihadapkan pada
pilihan ya atau tidak , keadaan semacam ini membawa seseorang pada situasi
berkomunikasi dengan diri sendiri , terutama dalam mempertimbangkan untung
ruginya suatu keputusan yang diambil .
2.2 Komunikasi antar pribadi (interpersonal
communication)
adalah
proses komunikasi yang berlangsung antara dua orang atau lebih secara tatap
muka .menurut sifatnya komunikasi antar pribadi dapat dibedakan atas dua macam
yakni komunikasi diadik dan komunikasi kecil .Komunikasi diadik ialah proses
komunikasi yang berlangsung antara dua orang dalam situasi tatap muka .
misalnya : percakapan , dialog , dan wawancara
. Sedangkan komunikasi kelompok kecil ialah proses komunikasi yang
berlangsung antara tiga orang atau lebih secara tatap muka dimana anggota
anggotanya saling berinteraksi satu sama lainnya , proses komunikasi ini
biasanya banyak ditemukan dalam kelompok studi dan kelompok diskusi .
2.3
Komunikasi Publik (Public Communication)
adalah
proses komunikasi dimana pesan pesan disampaikan oleh pembicara dalam situasi
tatap muka didepan khalayak yang lebih besar.ciri dari komunikasi public bahwa
pesan yang disakmpaikan itu berlangsung secara spontanitas tetapi terencana dan
dipersiapkan lebih awal , tipe komunikaasi public biasanya ditemui dalam
berbagai aktivitas seperti kuliah umum , khotbah , rapat akbat , pengarahan ,
ceramah .
2.4
Komunikasi Massa (Massa Communication) adalah proses komunikasi yang
berlangsung dimana pesanya dikirim dari sumber yang melembaga kepada khalayak
yang sifatnya missal melalui alat alat yang bersifat mekanis seperti radio ,
televise , surat kabar dan film. Ciri dari komunikasi masa ialah sumber dan
penerima dihubungkan oleh saluran yang telah diproses secara mekanik . dan
sumber merupakan suatu lembaga atau institusi yang terdiri dari banyak orang
misalnya reporter , penyiar , editor .
Proses
Komunikasi
Penjelasan:
- Sumber
Dalam
Konteks organisasi , komunikator adalah karyawan atau manajer yang memiliki ide
, niat-niat, informasi dan tujuan untuk berkomunikasi.
- Pesan
Sesuatu
yang disampaikan pengirim kepada penerima , pesan dapat disampaikan dengan cara
tatap muka atau melalui media komunikasi
- Media
Alat
yang digunakan untuk memindahkan pesan dari sumber kepada penerima. Organisasi
dapat menyediakan informasi kepada seluruh anggotanya dengan berbagai cara
diantarnya:tatap muka , telepon , pertemuan kelompok , memo , pernyataan
kebijakan perusahaan , sistem imbalan , jadwal produksi dan perkirraan
penjualan .
- Pengaruh/Efek
Perbedaan
antara apa yang dipikirkan , dirasakan dan dilakukan oleh penerima sebelum dan
sesudah menerima pesan .
- Umpan balik
Pengaruh
/tanggapan balik yang berasal dari penerima .contoh unpan balik langsung
melalui pertukaran verbal seperti perubahan ekspresi wajah ketika bertemu dengan
perbedaan pendapat atau kesalah pahaman. contoh umpan balik tidak langsung
seperti rendahnya produktivitas, rendahnya kualitas produksi,kurangnya
koordinasi .
- Lingkungan
Faktor
faktor tertentu yang dapat mempengaruhi jalannya komunikasi , faktor ini
digolongkan atas 4 mcam yaknni lingkungan fisik , lingkungan sosial budaya,
lingkungan psikologis , dan dimenis waktu.
3.Komunikasi Efektif
Komunikasi efektif harus direncanakan dengan
memperhatikan situasi, waktu, tempat dan pendengarnya. Permasalahan yang sering
dihadapi adalah kita menempatkan manusia seakan-akan seperti benda yang mudah
dikumpulkan lalu mudah diberi penjelasan supaya mereka mengerti sesuatu.
Dengan kemajuan teknologi, interaksi antara
anggota-anggota dalam organisasi dan masyarakat semakin meningkat dan
menjangkau bertambah luas. Untuk membantu supaya komunikasi bisa efektif ada
beberapa ketentuan yang memudahkan yaitu :
1. Kemampuan mengamati dan menganalisa persoalan
2. Kemampuan menarik perhatian
3. Kemampuan mempengaruhi pendapat
4. Kemampuan menjalin hubungan dan suasana
saling mempercayai.
Adapun
hal-hal yang perlu dipertanyakan dalam melakukan komunikasi seperti : apa, mengapa,
bagaimana, dimana, siapa, kapan, tujuan dan situasinya, karena
denganmenggunakan hal tersebut kita akan mendapatkan informasi yang sangat jelas
dan mengurangi terjadinya kesalahpahaman dalam berkomunikasi.
Bila sebuah organisasi sampai pada
titik dimana komunikasi dalam organisasi tidak efektif contohnya dalam banyak
perusahaan , program orientasi karyaawan baru seharusnya dapat memberikan
kesempatan bagi karyawan untuk menjalin komunikasi yang efektif antar karyawan.
Dalam Marriott International , jaringan hotel yang tersebar di seluruh dunia ,
40% karyawan baru keluar dari perusahaan dalam jangka waktu tiga bulan setelah
mereka diterima . Setidakya inilalah yang terjadi dulu . Belakangan ini , angka
keluar karyawan berkurang secara signifikan karena mariot telah berusaha keras
memperbaiki cara perusahaan berkomunikasi dengan karyawan barunya .Selain
mendapatkan informasi lebih banyak , setiap karyawan baru dipasangkan dengan
seorang “teman” yang berfungsi sebagai jembatan komunikasi sehingga semua
karyawan baru dapat memperoleh informasi tanpa batas . Marriott mengembangkan
komunikasi yang efektif dengan para karyawanya sejak hari pertamma mereka
bekerja dan karenanya Marriot memastikan para staff di garis depan(resepsionis
, concierge,bellboy) mampu melayani tamu dengan ramah .(john , Robert, Michael ,
2005).
Seorang
manajer tidak memiliki tanggung jawab yang lebih besar daripada mengembangkan
komunikasi yang efektif .Beberapa penghalang komunikasi yang efektif yang dapat
muncuk pada komunikasi organisasi maupun juga komunikasi interpersonal yaitu
kerangka referensi , mendengarkan selektif , perrtimbangan nilai , kredibilitas
sumber ,penyaringan informasi , bahasa dalam kelompok , perbedaan status ,
tekanan waktu , kelebihan muatan komunikasi ,
4.Implikasi Manajerial
Implikasi didefinisikan sebagai akibat langsung atau konsekuensi atas temuan hasil suatu penelitian. Implikasi memiliki tujuan untuk membandingkan suatu hasil penelitian antara yang lalu dengan yang baru saja dilakukan. Salah satu macam macam implikasi adalah Implikasi manjerial , bagian ini seorang peneliti menyajikan implikasi mengenai kebijakan-kebijakan yang bisa dikaitkan dengan berbagai temuan yang di dapatkan dari penelitian tersebut. Implikasi manajerial dapat memberikan suatu kontribusi yang praktis untuk manajemen.
Daftar
Pustaka
- Prof. Dr. H. Hafied Canggara, Msc, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta:PT RajaGrafindo Persada. 2005.
- John M Ivancevic, Perilaku dan Manajemen Organisasi jil 2, Jakarta:Erlangga.2005.
- Drs.Tommy Suprapto , M.s. Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi, Yogyakarta : MedPress (Anggota IKAPI) , 2009.
- Rahmanto , Aris Febri , September 2004 , Peran Komunikasi Dalam Suatu Organisasi , Jurnal Komunikologi Vol.1 . http://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-4603-Aris_F.pdf . Diakses 7 Maret 2015 , pukul 11:17 am.
- Victeddy, Impilkasi Penelitian, http://seputarpendidikan003.blogspot.com/2013/09/implikasi-penelitian.html . Diakses pada 7 maret 2015 pukul 12.04 am.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar