Minggu, 17 Juli 2016

Identifikasi Isi dan Bagian Suatu Teks


Suatu teks terdiri atas beberapa paragraph . Paragraf adalah rangkaian kalimat yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan pokok pembahasan atau satu gagasan  pokok . Dengan demikian , paragraph umumnya terdiri atas sejumlah kalimat yang saling bertalian untuk mengungkapkan sebuah gagasan terterntu . Suatu paragraph tidak boleh mengandung dua topic atau lebih topic . Topik dituangkan ke dalam suatu kalimat yang disebut kalimat utama atau kalimat topic .

Berdasarkan kalimat utamanya , terdapat empat jenis paragraph, diantaranya :


1.     Paragraf deduktif
Paragraf yang dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok atau kalimat topic , kemudian diikuti dngan kalimat-kalimat penjelas yang berfungsi menjelaskan kalimat topic tersebut.
2.    Paragraf indukutif
Parafraf yang dimulai dengan mengemukakan penjelasan-penjelasan kemudian diakhiri dengan kalimat topic
3.    Paragraf campuran
Paragraf yang dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok atau kalimat topic dan diakhiri dengan kalimat topic . Kalimat topic yang ada pada akhir paragraph merupakan penegasan dari awal paragraph.
4.    Paragraf naratif
Paragraf yang pikiran utamnya tidak dinyatakan secara jelas dalam paragraph itu .  Jadi , pikiran utamanya tersebar diseluruh kalimat yang membangun paragraph tersebut .

Adapun berdasarkan fungsinya , paragraph dibedakan sebagai berikut :
1.     Paragraf pembuka , berperan sebagai pengantar untuk sampai pada masalah yang akan diuraikan . Paragraf pembuka harus dapat menarik minat pembaca serta sanggup menyiapkan pikiran pembaca pada masalah yang akan diuraikan.
2.    Paragraf Penghubung , menguraikan suatu masalah atau berisi inti persolana yang akan dikemukakan.

3.    Paragraf penutup , berisi kesimpulan dari paragraph penghubung atau penegasan kembali mengenai hal-hal yang dianggap penting dalam paragraph penghubung .

 Triyanto , Rumiyanti . 2015 . Prediksi Ujian Nasional . Jakarta : Graha Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar