Senin, 18 Juli 2016

Melengkapi Surat Pribadi dan Surat Dinas


Surat merupakan salah satu media berkomunikasi secara tertulis yang sampai saat ini tetap diperlukan dalam berbagai kegiatan . Ada tiga jenis ssurat berdasarkan fungsinya , yaitu surat pribadi , surat dinas , dan surat niaga .



1.     Surat Pribadi
Surat Pribadi adalah surat yang dikirim oleh perseorangan kepada orang lain dan isinya bersifat pribadi , baik masalah keluarga atau resmi (lamaran kerja , permohonan) . Surat pribadi yang ditunjukan pada seseorang menggunakan bahasa yang santai , tidak terikat aturan ,  sedangkan pada surat resmi yang ditunjukan pada suatu instansi perlu menggunakan bahasa baku atau bahasa resmi .

2.    Surat Dinas
Surat dinas atau sering disebut surat resmi adalah surat yang isinya berkaitan dengan masalah – masalah kedinasan , Biasanya diperlukan oleh suatu instansi kepada instansi yang lain , walaupun  ada pula yang ditulis perseorangan untuk ditunjukan kepada suatu instansi  . Penulisan surat dinas menggunakan bahasa baku .,
Bagian bagian yang ada dalam surat dinas
a.    Kepala / Kop surat
b.    Nomor surat
c.    Hal / perihal
d.    lampiran
e.    Tanggal surat
f.    alamat surat
g.    salam pembuka
h.    isi surat
i.     salam penutup
j.     pengirim surat

3.    Surat niaga merupakan surat yang ditulis untuk kepentingan kepentingan bisni s . Contohnya surat penawaran , surat permintaan , surat penagihan dan surat pengiriman barang .


 Triyanto , Rumiyanti . 2015 . Prediksi Ujian Nasional . Jakarta : Graha Pustaka





Tidak ada komentar:

Posting Komentar