Dalam
acara-acara resmi atau suatu kegiatan yang tidak resmi, biasanya dibuat susunan
acara. Dalam acara-acara tersebut terdapat orang yag bertugas membawakan atau
memandukan acara.
Orang
yang membawakan acara disebut pembawa acara atau sering disebut dengan istilah
Master Of Ceremony(MC) . Tugas seorang pembawa acara adalah memandu jalannya
accaranya agar berjalan lancar. Seorang pembawa acara yang baik harus memenuhi
syarat-syarat berikut:
1.
Busana yang dikenakan sopan dan rapi.
2.
Berpenampilan menarik.
3.
Berpengetahuan dan berwawasan luas.
4.
Mampu berbahasa dengan baik dan benar, menggunakan
bahasa yang komunikatif dan menempatkan diri dalam berbicara.
5.
Percaya diri, ramah, bersahaja, dan sopan.
Adapun
langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membawakan acara adalah sebagai
berikut:
1.
Membuka Acara
Contoh:
Selamat pagi hadirin ,
Hadirin yang terhormat, segera kita mulai acara
ini. Namun, sebelumnya marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur ke
hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahNya kepada
kita sehingga dapat berkumpul di Gedung Kesenian SMP Harapan Bogor, dalam
rangka memperingati hari jadi sekolah kita yang ke-22 tepatnya tanggal 29 maret
2013.
Adapun
susunan acaranya adalah sebagai berikut:
1.
Pembukaan
2.
Sambutan-sambutan
3.
Hiburan
4.
Penutup
Demikian
rangkaian acara kita mala mini.
Memasuki acara pertama, yaitu
pembukaan . Marilah kita buka acara ini dengan..
2.
Memandu Acara
Contoh:
Acara : Sambutan Kepala Sekolah
Kalimat Pemandu : Sambutan yang kedua disampaikan oleh
Kepala sekolah SMP Harapan , yang terhormat Bapak Drs. Widodo kami persilahkan.
3.
Menutup Acara
Contoh:
Hadirin
yang berbahagia, tanpa terasa 120 menit telah berlalu, acaraa demi acara telah
usai. Kini tibalah pada penghujung acara. Sebelum ditutup, saya mohon maaf
apabila dalam memandu acara ada kata-kata yang kurang berkenan dihati hadrirn.
Marilah acara ini kita tutup dengan bacaan “hamdalah” bersama-sama. Terimakasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar