Minggu, 17 April 2016

Tugas Individu B.Indonesia ke 9 - Menulis Rangkuman Isi Buku Ilmu Pengetahuan Populer


Menulis rangkuman buku ilmu pengetahuan popular hampir sama dengan menulis rangkuman buku lainnya .Hal penting yang harus diperhatikan adalah mencatat pokok-pokok penting yang ada dalam buku .  Untuk memudahkan nya perhatikan sistematika penyajian buku yang direalisasikan dalam bentuk bab, subbab, sub-sub bab dan seterusnya .  Selain itu juga dapat menggunakan daftar isi buku sebagai panduan untuk mencatat pokok-pokok penting yang ada dalam buku. Selanjutnya, berdasarkan pokok-pokok penting yang dicatat, tulislah kembali dengan bahasa sendiri ringkasan buku yang telah dibaca tersebut. Ringkasan hendaknya memerhatikan runtutan penjabaran ide keseluruhan dari buku yang telah dibaca. Hal ini dimaksudkan agar ringkasan tersebut tidak menyimpang atau keluar dari ide awal buku yang telah dibaca . keruntutan juga berguna agar tidak ada loncatan atau ketidakberaturan pemahaman orang yang akan membaca ringkasan yang dibuat.

Contoh buku ilmu pengetahuan

Tumbuhan Lahan Tanah Gundul
Tanah gundul merupakan tempat tadah angin yang gersang. Tumbuhan gerumbul dan keluarganya yang membentuk vegetasi utama berupa gerumbul berbatang kayu yang tumbuh di dekat tanah dengan daun mengilat yang amat kecil. Daerah permukaan kecil daun-daun itu, beserta permukaaanya yang mengkilat jernih, membantu mencegah hilangnya banyak air karena penguapan. sebagian besar tumbuhan tanah gundul tergolong keluarga perdu berbunga putih-lia. Pohon-pohon ini mempunyai bunga yang berbentuk loncceng kecil, yang penyerbukaannya dibantu oleh lebah. Buahnya yang berair, misalnya cranberry dan blueberry, terkenal untuk membuat selai dan unutk membuat kue buah-buahan.

          Tanah gundul ditemukan di atas tanah asam. Bila tanah itu tertutup oleh hutan, daun-daun yang jatuh segera membusuk di dalamnya dan membuatnya kurang asaam. Tanpa pepohonan, zat nutrient segera saja hilang, meninggalkan tanah menjadi amat asam yang kurang kandungan nutriennya. Tumbuhan ditanah gundul berkembang amat lambat, maka tidak memerlukan banyak nutrient. Kaarena keasamaannya, sedikit sekali bakteri yang dapat hidup ditanah ini , maka materi tumbuhan tidak membusuk. Sebaliknya, sisa tumbuhan itu malah membentuk gambut.


Tanah gundul sering digunakan untuk menggembala biri-biri . Tunas gerumbul muda yang lembut ini menghasilkan makanan tenak yang baik sehingga para petani sering dengan sengaja membakar gerumbul ini dari eaktu ke waktu untuk mendorong pertumbuhan baru. Pemeliharaan burung ayam-ayaman juga merupakan pemanfaatan tanah gundul yang menguntungkan.n

Tidak ada komentar:

Posting Komentar