Minggu, 17 April 2016

Tugas Individu B.Indonesia 4 - Membaca Novel Remaja Terjemahan


Novel remaja Indonesia adalah novel yang ceritanya mengisahkan kehidupan remaja di Indonesia pada umumnya, termasuk perilaku , setting dan adat istiadat masyarakat Indonesia.

          Novel remaja terjemahan merupakan novel remaja yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Novel jenis ini berisi cerita dari perilaku tokoh yang berlatar budaya, kebiasaan, dan tempat tinggal di salah satu Negara di luar negeri. Misalnya, novel berjudul Si Cantik dan Si Buruk Rupa ( Beauty and The Beast).

          Membaca adalah proses memahami lambing-lambang tulisan . Membaca umumnya bertujuan untuk memahami isi bacaan tersebut. Agar dapat memahami isi novel tersebut, maka kita harus memahami unsure instrinsik novel. Begitu pula dalam membaca novel remaja terjemahan.

          Unsur intrinsik novel adalah unsure-unseur yang membangun karya sastra novel dari dalam karya sastra itu sendiri. Unsur intrinsik novel adalah sebagai berikut:

1.     Tema, adalah pokok pembicaraan atau gagasan pokok dalam novel.
2.    Amanat, adalah pesan yang akan disampaikan dalam novel.
3.    Alur atau jalan cerita, adalah rangkaian cerita yang disusun secara logis. Alur ini biasanya terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu perkenalan, pertikaian, perumitan, puncak/klimaks, peleraian dan akhir cerita. Ada dua jenis alur, yaitu alur longgar dan alur ketat. Alur longgar adalah jika sebagian alur ditinggalkan, tetapi keutuhan cerita dalam suatu novel tidak akan terganggu. Sebaiknya , alur ketat adalah jika sebagian alur ditinggalkan, keutuhan cerita menjadi terganggu.
4.    Perwatakan , adalah penggambaran watak atau sifat tokoh cerita dalam suatu novel.
5.    Latar, adalah tempat lingkungan terjadinya suatu peristiwa dalam cerita. Latar ini dapat berupa tempat, ruang, dan waktu terjadinya cerita dalam suatu novel.

6.  Sudut pandang , yaitu cara pandang pengarang dalam memerankan tokoh cerita, apakah sebagai tokoh yang berperan langsung dalam cerita atau menggunakan orang lain sebagai pemeran cerita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar