Minggu, 17 April 2016

Tugas Individu B.Indonesia ke 7 - Menulis Puisi Bebas


Sebagai suatu karya sastra yang penyajiannya sangat mengutamakan keindahan bahasa dan kepadatan makna , puisi dapat ditulis berdasarkan inspirasi dari yang terlihat, terdengar, dan terasa oleh si pembuat puisi atau dari lingkungannya. Keindahan alam di sekitar kita dapat dijadikan tema untuk menulis puisi. Misalnya keindahan pegunungan, pantai, desa, atau taman di pekarangan rumah.

Menulis puisi bebas berarti menciptakan puisi dengan cara tidak terikat oleh syarat-syarat penulisan, mengekspresikan seluruh ide dan pikiran penulisnya, diksinya tepat serta indah untuk dibaca dan dimaknai. Hal-hal yang harus dilakukan dalam menyusun puisi berdasarkan pengalaman pribadi adalah sebagai berikut:

1.     Menentukan pengalaman paling menarik yang bisa ditulis menjadi puisi.
2. Menuliskan pengalaman-pengalaman itu dalam baris-baris puisi dengan menggunakan kata-kata yang tepat dan padat. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memperluas perbendaharaan kosakata sehingga bisa menciptkan puisi dengan bahasa yang indah, jelas, dan padat.
3.    Memilih kata-kata yang memiliki makna kias atau konotatif  yang bisa menjadi symbol atau lambing dari hal-hal yang diceritakan dalam puisi tersebut.
4.    Perlu latihan terus menerus untuk menulis puisi yang baik. Dengan banyak membaca puisi, baik dari majalah, Koran atau buku puisi bisa menambah wawasan kita dalam berpuisi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar