Minggu, 17 April 2016

Tugas Individu B.Indonesia ke 11 - Menyanggah Pendapat dan Menolak Usul


Dalam menanggapi sebuah masalah, setiap orang memiliki pendapat yang berbeda. Oleh karena itu, apabila tidak seetuju dengan pendapat orang lain, kita dapat mengemukanan sanggahan(bantahan atau pendapat lain) terhadap pendapat tersebut. Namun yang harus di ingat, dalam menyampaikan sanggahan bukan sekadar bantahan saja, tetap harus ada bukti dan alasan yang dapat memperkuat bantahan tersebut. Disamping itu, dalam mengemukaan bantahan harus menggunakan bahasa yang sopan, tidak menyinggung perasaan pembicara, tiidak memaksakan pendapat , tidak panjang lebar, dan mudah dimengerti.

Contoh:

Pendapat :
Menurut pendapat saya, diluncurkannya busway merupakan sebuah solusi yang tepat bagi Kota Jakarta dalam mengatasi masalah transportasi.

Sanggahan

Penerapan busway bukan solusi (jalan keluar) yang tepat untuk jangka panjang. Jenis angkutan ini memiliki daya angkut yang terbatas, kurang mencukupi untuk mengangkut penumpang dalam jumlah yang sangat banyak .  Oleh karena itu, jenis angkutan semacam ini semestinya hanyalah sebagai pilihan (alternative).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar