Senin, 30 Mei 2016

Tugas Individu B.Indonesia ke 19 - Mencatat Isi Pokok Informasi dan Uraian Lisan yang Bersifat Faktual , Spesifik , dan Rinci


Dalam kehidupan sehari-hari , kita tidak terlepas dari kegiatan menyimak . Dengan menyimak  , kita akan memperoleh banyak hal tentang informasi , fakta , peristiwa , fenomena , kenyataaan , konsep , opini , gagasan , proses , asumsi , pengandaian , khayalan , dan harapan .

Informasi merupakan keterangan , pemberitahuan , kabar , ataupun berita . Fakta adalah keadaaan atau peristiwa  yang merupakan kenyataaan / sesuatu yang benar benar terjadi . Peristiwa berarti kejadian luar biasa (menarik perhatian ) yang benar – benar terjadi . Fenomena dapat diartikan sebagai hal-hal yang dapat disaksikan dengan pancaindra , dapat diterangkan , dan dinilai secara ilmiah . Kenyataaan berupa hal-hal yang nyata / yang benar-benar ada . Kenyataan dapat dimaknai dengan suasana / situasi yang sedang berlaku .

Sementara itu , konsep dapat berupa ide / pengertian yang diabstrakan . Opini dapat pula berarti pendapat / pikiran / pendirian . Gagasan adalah hasil pemikiran . Proses merupakan rangkaian tindakan yang menghasilkan produk .  Asumsi merupakan hal yang diterima sebagai dasar / landasan berpikir .  Pengandaian berarti peristiwa yang dianggap mudah terjadi . Khayalan dapat dilihat sebagai lukisan / gambar dalam angan-angan , sedangkan harapan berupa keinginan agar sesuatu terjadi . 

Untuk memperoleh beberapa manfaat tersebut , dibutuhkan berbagai sumber informasi .  Sumber informasi dapat diperoleh dari radio , televisi , Koran , majalah , internet ataupun narasumber . Sumber informasi ada yang langsung atau mengutip dari sumber yang lain .  Sumber informasi langsung didapat dari narasumber  ,  komentar-komentar lisan , maupun internet . Sementara itu , sumber tidak langsung didapat dari TV/Radio sebagai sumber informasi , namun TV/Radio itu mengutip dari sumber yang lain .

 Berikut ini merupakan ciri-ciri atau  kriteria  suatu sumber , baik secara langsung maupun tidak , yang dapat disebut sebagai sumber informasi atau bukan .
1.     Dapat dicek kebenarannya
2.    Daat dipertanggungjawabkan
3.    Mengacu pada informasi tertentu


Ketiga kriteria diatas dapat dijadikan sebagai dasar untuk menetukan sumber informasi atau bukan . Dari sumber informasi yang disimak , dapat dibuat catatan faktual , spesifik , dan rinci . Catatan faktual adalah catatan yang didasarkan atas fakta .
Contoh  : pengangguran di Indonesia mencapai 40 juta jiwa . Indonesia merupakan negera kepulauan .
Catatan Spesifik merupakan catatan khusus dari informasi yang kita dapatkan .
Contoh :  Menteri perekonomian mengataan bahwa ekonomi Indonesia mengalamani pertumbuhan 5 % pertahun .
Catatan rinci berupa uraian hasil penyimakan secara keseluruhan .  Hal ini dapat diperoleh dari proses merekam , membaca , ataupun berdialog . Proses tersebut baru dapat dilakukan setelah kegiatan menyimak usai .


Kesimpulan
·         Ciri-ciri sumber informasi adalah dapat dicek kebenarannya , dapat dipertanggungjawabakan , dan mengacu pada informasi tertentu .

·         Catatan factual berdasaekan fakta , spesifik , khusus , dan rinci dari hasil simakan keseluruhan . 


Dikutip dari sumber :


Ahmad Iskak , Yustinah . 2008 . Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK. Jakarta : Erlangga 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar