Senin, 30 Mei 2016

Tugas Individu B.Indonesia ke 25 - Kamus sebagai sumber informasi


Bagian – bagian batang  tuubuh kamus :

1.     Lema :  berupa kata tunggal , kata majemuk , kata ulang , afiks , bahkan akronim yang disusuun secara alfabetis . Biasanya penulisan lema dibuat cetak tebal dan ditulis dengan pemenggalan berdasarkan pedoman EYD.
Contoh : ba.bad n 1Sas cerita sejarah;..
ba.bah n cak sebutan bagi orang Cina peranakan (laki-laki)                  
Jika sebuah lema memiliki banyak makna yang berlainan (homograf) , maka lema tersebut ditulis kembali dibawah lema pertama dengan diberi nomor.

2.    Label :  merupakan penjelasan tentang ragam bahasa , bidang ilmu , kelas kata  , dan daerah atau Negara asal dari kata yang dimaksud .
contoh :
ark -> arkais
cak -> cakapan
kl -> klasik
Jk - > Melayu Jakarta
Bl-> Bali
Skt->Sanserkerta
a->adjektiva
n -> nomina
v -> verba
bio -> biologi
mus -> music
ling - >linguistic

3.    Makna / define merupakan penjelasan mengenai medan makna dari kata atau lema yang bersangkutan . Bila sebuah kata memiliki makna lebih dari satu , namun masih dalam medan makna yang sama (polisemi) , maka penjelasaanya diberi nomor . Penjelasaan tersebut biasanya dilengkapi dengan contoh penggunaaan dalam kalimat .
¹ka.li n 1 kata untuk menyatakan kekerapan tindakan; dl satu minggu , dia sudah empat-datang kerumahku 2Kata untuk menyatakan kelipatan atau perbandingan (ukuran , harga , dsb)
4.    Sublema :  memuat kata yang bersangkutan yang telah mengalami proses afiksasi . Contoh a.dab n kehalusan dan kebaikan budi pekerti ; kesopanan;..
ber.a.dap. v …
meng.a.dab.i v…
per.a.dab.an n..
mem.per.a.dab.kan v..
ke.a.dap.an n..

Dikutip dari sumber :


Ahmad Iskak , Yustinah . 2008 . Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK. Jakarta : Erlangga 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar