Senin, 30 Mei 2016

Tugas Individu B.Indonesia ke 24 - Pemanfaatan Kamus


Berbicara mengenai bahasa , maka kita juga berbicara tentang kata . Kata-Kata terangkai membentuk frasa , kalimat , paragraph , sampai wacana . Seringkali ketika kita membaca sebuah wacana , kita akan dihadapkan pada kesulitan memahami sebuah kata( baik itu makna leksikal maupum makna gramatikalnya) .

Kamus adalah alat bantu untuk menuntuk kita memahami makna sebuah kata . Menutu Kamus Besat Bahasa Indonesia  , kamus adalah buku acuan yang memuat kata dan ungkapan yang disusun menurut abjad berikut keterangan tentang maknanya , pemakaiannya , atau terjemahaannya . Selain keterangan mengenai sebuah kata , kamus biasanya menyeertakan hal –hal lain yang masih berhubungan dengan kebahasaan , seperti gambar atau ilustrasi tentang kata tersebut , tanda dan lambang (semua bidan ilmu)  , sampai bahasa isyarat . 

Berdasarkan luas lingkup nya , kamus dibedakan menjadi :
1.     kamus umum  , yaitu kamus yang memuat semua kata dalam sebuah bahasa . Misalnya ,   Kamus Umum Bahasa Indonesia (KUBI)

2.    kamus khusus / kamus istilah , yaitu kamus yang hanya memuat kata-kata dari suatu bidang tertentu . Misalnya : kamus linguistic , kamus istilah kedokteran , kamus istilah teknologi dan lain –lain

3.    kamus ekabahasa , yaitu kamus yang memuat kata-kata dari satu bahasa , biasanya berisi definisi  , sinonim , dan contoh penggunaan dalam kalimat  .    Misalnya , Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

4.    kamus dwibahasa , yaitu kamus yag memuat dua bahasa , biasanya berisi kata dari sebuah bahasa yang makna atau definisnya dijelaskan dengan bahasa lain(terjemahan) . Misalnya : kamus Inggris- Indonesia , kamus Perancis – Inggris .

5.    kamus multibahasa , yaitu kamus yang memuat lebih dari dua bahasa . Misalnya , kamus Perancis – Inggris – Indonesia .

Selain menurut luang lingkup isinya , kamus juga dapat dibedakan menurut sifatnya , yaitu kamus sdar dan kamus non standar . Kamus standar adalah kamus yang dijadikan pedoman untuk penyusunan kamus-kamus lainnya , sedangkan kamus non standar adalah kamus yang mengguanakan kamus stadar sebagai pedoman penyusunannnya . Biasanya , cakupan kamus non stadar lebih sempit dan glosariumnya tidak lengkap .

Dikutip dari sumber :

Ahmad Iskak , Yustinah . 2008 . Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK. Jakarta : Erlangga 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar